Perencanaan & Pemasangan Instalasi Listrik Rumah yang Aman

Home / Properti / Perencanaan & Pemasangan Instalasi Listrik Rumah yang Aman

Sebuah rumah rasanya tidak akan sempurna bila Anda belum memasang instalasi listrik rumah yang baik dan aman. Sebab, tanpa listrik, ada banyak sekali hal yang tak bisa Anda kerjakan. Baik itu pekerjaan rumah tangga ataupun untuk hiburan. Untuk itulah, saat Anda membangun sebuah rumah, instalasi listrik di rumah Anda juga harus diperhatikan.

Pemasangan instalasi listrik untuk rumah Anda penting dilakukan dengan aman. Selain untuk mencegah bahaya yang bisa saja terjadi, semisal konsleting dan lainnya, pemasangan instalasi listrik yang benar juga membuat peralatan listrik di rumah itu bisa berfungsi dengan baik. Bagaimana cara merencanakan dan memasang instalasi listrik yang baik di rumah?

LListrik Rumah

  1. Tentukan Denah Tata Letak Peralatan Listrik

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan tata letak peralatan listrik yang akan digunakan. Biasanya, penentuan denah tata letak peralatan listrik ini akan melibatkan konsumen dari jasa tukang listrik sehingga sesuai dengan kebutuhan si empu rumah. Jika bangunan yang akan dipasang listrik belum ada, gunakanlah denah dari tukang bangunan.

Jadi, selain menerapkan aturan pemasangan instalasi listrik yang benar dan menggabungkan keinginan konsumen untuk mendapatkan hunian yang sesuai impian, kontruksi bangunan juga harus disesuaikan. Oleh sebab itu seorang tukang listrik harus bekerja sama dengan tukang bangunan dalam hal yang satu ini.

  1. Tentukan Model, Merek Maupun Jenis Peralatan Listrik yang Akan Dipasang

Setelah menentukan tata letak dari peralatan listrik yang akan dibuat, selanjutnya Anda harus menentukan model, merek maupun jenis peralatan listrik yang akan dipasang di rumah Anda. Ini akan memberikan gambaran harga, kelas dan kelebihan dari masing-masing model dan jenis perlatan listrik yang akan dipasang.

Biasanya, hal ini sangat dipengaruhi yang namanya nilai estetika. Konsumen ingin mendapatkan sebuah bangunan yang memiliki nilai keindahan bahkan dari jenis-jenis peralatan listrik yang digunakan. Tak masalah. Asalkan peralatan listrik yang digunakan itu sudah memenuhi standar SNI atau LMK.

  1. Menggambar Titik Lampu dan Pengamannya

Lalu, hal yang harus Anda lakukan dalam memasang instalasi listrik rumah adalah menggambar titik lampu untuk menentukan jumlah grup instalasi. Disarankan juga untuk memilih stop kontak untuk peralatan berat seperti AC atau mesin besar dengan perangkat yang kuat.

Penggambaran titik lampu ini bisa dilakukan untuk menentukan jumlah instalasi, jumlah inti kabel yang harus digunakan dan letak titik-titik penyambungan. Dengan adanya penggambaran titik lampu ini, Anda juga bisa menentukan estimasi beban dari masing-masing grup instalasi listrik dan besarnya pengaman yang diperlukan.

  1. Menyusun RAB

Setelah Anda menggambar titik lampu, barulah Anda bisa menyusun RAB. Dalam suatu rancangan anggaran, biasanya untuk satu model strandar instalasi listrik harga yang harus dikeluarkan sekitar Rp150.000,- per titik. Bila Anda menggunakan jasa tukang listrik yang memiliki badan hukum, Anda juga akan kena biaya PPh sebesar 10%.

  1. Pemasangan Instalasi Listrik

Setelah semuanya selesai, tinggal memasang instalasi listriknya saja. Untuk  pemasangan instalasi listrik pada umumnya jalur-jalur kabel tertanam di dalam tembok. Bisa juga yang ada di atas tembok atau di plafon. Pastikan menggunakan peralatan kerja yang sesuai standar agar saat pemasangan aman, ya!

Bagaimana, sudah melakukan perencanaan yang matang dalam memasang instalasi listrik rumah Anda? Terapkanlah hal-hal di atas untuk menentukan berapa biaya yang harus dikeluarkan serta mendapatkan instalasi listrik yang aman. Tak masalah bila mengeluarkan uang yang lebih, kan? Asal rumah Anda bebas dari bahaya karena instalasi listrik yang salah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *