Motif Kemeja Batik Paling Populer

Home / Fashion / Motif Kemeja Batik Paling Populer

Batik sudah menjadi kain asli Indonesia sejak dulu kala. Saat ini siapa saja bebas mengenakan Kemeja batik baik pria, wanita maupun anak-anak yang bahkan bukan dari kalangan keluarga ningrat. Dulu, batik memang khusus dikenakan oleh mereka yang masuk dalam garis keluarga keraton sehingga batik dikenal sangat eksklusif dan mewah. Kemudian saat batik sudah bebas dikenakan oleh siapa saja membuat masyarakat Indonesia banyak mengenakan batik untuk berbagai macam acara seperti kerja, pesta dan lainnya. Bahkan saat ini batik sudah dikenal sampai ke belahan dunia lain dan dipakai oleh designer kelas internasional. Batik asli Indonesia dan harus terus dilestarikan agar tidak terlupakan.

Kemeja Batik

Beragam Motif Kemeja Batik

Di pasaran ada banyak sekali motif kemeja batik. Ada yang masuk dalam motif lawasan atau klasik dan ada juga yang masuk sebagai motif modern. Untuk batik dari Yogyakarta masih kental dengan motif lawasan namun daerah Solo, Pekalongan, Cirebon sudah banyak menciptakan batik dengan warna cerah khas anak muda. Berikut motif yang perlu Anda tahu:

  • Motif Sekar Jagad

Ini adalah motif asli kota Yogyakarta. Makna yang terkandung dalam batik motif ini adalah keindahan atau kecantikan dan membuat siapa saja yang melihat menjadi terpesona karena kagum.

  • Motif Batik Keraton

Motif ini dikenal sebagai motif khusus bangsawan di Yogyakarta. Penyebabnya adalah karena dulu mereka para putri raja Keraton yang menjadi penemu pertama motif tersebut. Gambar motif batik keraton ini sangat popular dan memang dikenal klasik. Cocok dipadukan dengan busana berwarna gelap ataupun polos.

  • Sidomukti Magetan

Seperti namanya, asal motif batik ini adalah dari daerah Magetan. Gambar dasarnya adalah pohon bambu. Biasanya motif ini banyak dikenakan saat acara adat tertentu atau upacara resmi lainnya. Arti dari motif sidomukti sendiri adalah sebuah harapan akan rasa tenang lahir dan batin manusia.

  • Motif Batik Solo

Batik motif ini memiliki ciri gambar motif sogan. Warna dominan dari motif batik ini adalah cokelat. Warna cokelat tersebut berasal dari bahan alami yang memang dibuat dengan menggunakan cara tradisional yang sangat natural. Arti dari motif batik ini adalah gelombang dari sungai paling besar di Solo yaitu Bengawan Solo sebagai sungai yang membawa rasa tenang.

  • Motif Kawung

Ini adalah motif paling tua yang sudah dikenal sejak jaman nenek kakek terdahulu. Dan di Indonesia motif kawung ini adalah motif paling tua. Dulunya, motif ini hanya boleh dikenakan oleh mereka yang masih berdarah biru atau keturunan bangsawan. Motif ini jika dilihat mirip dengan gambar buah aren. Sangat klasik dan indah sekali. Warnanya pun sangat natural sehingga cocok dikenakan dalam acara formal maupun semi formal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *